Jumat, 03 Mei 2013

Rusia Peringatkan Amerika Soal Isu Senjata Kimia di Suriah

Front al-Nusra bantai warga sipil

Pemerintah Rusia mengingatkan negara-negara pendukung teroris Suriah untuk tidak menggunakan isu senjata kimia sebagai dalih untuk menggulingkan Presiden Suriah Bashar al-Assad, seperti halnya yang terjadi saat penggulingan rezim Saddam Hussein di Irak.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov juga mempertanyakan Sekjen PBB Ban Ki-moon dan menyerukan adanya misi pencari fakta di Suriah dengan berpegang pada klaim-klaim soal penggunaan senjata kimia Suriah, yang belum terbukti kebenarannya. Demikian AFP melaporkan, Senin, 29/04/13.

Menurut Lavrov, seruan pemimpin badan dunia itu mengingatkan pada apa yang terjadi di Irak dulu, ketika Amerika Serikat dan sekutu menginvasi Irak dengan dalih mencari senjata pemusnah massal, namun senjata tersebut tak pernah ada.

Lavrov juga mengutuk sejumlah negara yang menggunakan ancaman senjata kimia ini sebagai dalih untuk invasi asing di Suriah.

"Ada pemerintahan dan pihak-pihak luar yang yakin bahwa semua cara bisa dilakukan untuk menggulingkan rezim Suriah," kata Lavrov dalam konferensi pers bersama dengan ketua Komisi Persatuan Afrika Nkosazana Dlamini-Zuma.

"Namun isu penggunaan senjata pemusnah massal tersebut sangat serius -- itu tak seharusnya jadi bahan candaan," tegasnya.

Sementara itu, anggota parlemen Iran mengatakan klaim terbaru Amerika Serikat mengenai dugaan penggunaan senjata kimia di Suriah menunjukkan keputusasaan Washington dalam menghadapi bangsa dan pemerintah Suriah.


Ketua Majlis untuk Komisi Keamanan Nasional dan Kebijakan Luar Negeri Alaeddin Boroujerdi mengatakan itu dalam pertemuan dengan Duta Besar Suriah untuk Iran
Mahmoud Adnan, pada Ahad kemarin.


Dikatakannya, Iran akan mendukung penuh Suriah untuk memulihkan perdamaian di Suriah dan menyebut Republik Islam siap memulihkan perdamaian dan keamanan di negara itu.

IslamTimes/TheTruthSeekerMedia


Artikel Terkait:

0 Komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

The Truth Seeker Media Copyright © 2012 | Template created by O Pregador and Modified by Langit Nilai | Powered by Blogger and Herbal Kanker