Jumat, 23 November 2012

Nour Odeh :Serangan Israel Terhadap Wartawan Merupakan ‘Penentangan’ Terhadap Kebebasan Jurnalis




KOTA RAMALLAH dipenuhi dengan wartawan Palestina yang menggelar aksi protes terhadap serangan Israel, Minggu (18/11/2012). Aksi protes ini dipicu oleh serangan Israel terhadap dua kantor media di jalur Gaza yang melukai sedikitnya enam orang wartawan.


Para wartawan juga mengutuk serangan tersebut, mereka meyatakan bahwa wartawan Palestina akan terus melakukan pekerjaan mereka tanpa peduli seberapa keras serangan Israel yang akan dilancarkan.


Abdul Nasser Al-Najjar, kepala sindikat Jurnalis Palestina, mengatakan bahwa Israel tidak peduli sama sekali tentang hak asasi manusia, mereka melakukan segala cara untuk mencegah wartawan melakukan pekerjaan mereka. Namun Juru bicara militer Israel, Avital Leibovich, mengatakan bahwa serangan itu ditargetkan pada perangkat komunikasi milik Hamas yang terletak di atap bangunan. Ia juga berdalih bahwa Hamas menggunakan wartawan sebagai "tameng manusia" untuk melindungi operasi mereka.


Leibovich juga menambahkan bahwa untuk menghindari korban lebih buruk, Israel telah menahan diri dari pembakaran pada ruang operasi Hamas yang katanya terletak di dalam salah satu bangunan.


Sementara itu, Nour Odeh, Juru Bicara Pemerintah Palestina, mengatakan serangan itu merupakan pesan 'penentangan' yang sangat jelas terhadap kebebasan jurnalis dan opini.


Lembaga Hak Asasi Manusia Palestina mengutuk serangan itu dan mengatakan bahwa pasukan Israel me non-aktifkan sejumlah penyiaran stasiun radio lokal. Selain itu juga, Foreign Press Association mengeluarkan pernyataan bahwa mereka prihatin dan mengutuk serangan pemboman terhadap wartawan. Dalam perang 2008-2009 Israel menyerang salah satu bangunan yang sama yang diledakkan pada hari Minggu, dan lagi-lagi mereka menuduh Hamas lah yang beroperasi dari menara.


IslamPos/TheTruthSeekerMedia


Artikel Terkait:

The Truth Seeker Media Copyright © 2012 | Template created by O Pregador and Modified by Langit Nilai | Powered by Blogger and Herbal Kanker