Sabtu, 02 Juni 2012

Turki Tangkap Enam Jenderal dalam Kasus Kudeta



Turki menahan enam jenderal dalam lanjutan penyelidikan kasus kudeta tahun 1997 yang menggulingkan mantan perdana menteri Necmettin Erbakan.


Enam jenderal purnawirawan, itu termasuk mantan komandan angkatan darat dan angkatan udara, yang ditahan pada hari Selasa (29/5) atas keterlibatan mereka dalam kudeta 1997 yang menggulingkan pemerintahan islamis pertama di Turki.
Keenam jenderal itu di antara 10 tersangka yang ditetapkan Jaksa Pengadilan Tinggi Pidana ke-12  Ankara untuk ditangkap.

Pada tanggal 8 Mei, Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan menyerukan kepada jaksa untuk segera menyelesaikan kasus tersebut.

Puluhan perwira militer ditahan dalam penyelidikan kudeta damai 1997terhadap pemerintahan Erbakan.
Kudeta tahun 1997 di Turki disebut "post-modern" karena memaksa pemerintah menyingkir tanpa menggunakan taktik kekerasan atau mengganti pemerintahan sipil dengan militer.

Militer Turki, yang mengklaim sebagai pasukan garda sekularisme di negara itu sejak pendirian republik pada tahun 1923 dan secara luas dinilai berperan penting dalam penggulingan empat pemerintahan dalam kudeta tahun 1960, 1971, 1980, dan 1997.

Namun, pemerintahan PM Recep Tayyib Erdogan dapat menahan pengaruh militer selama kekusaan Partai Keadilan dan Pembangunan.

IRIB/The Truth Seeker Media

Artikel Terkait:

The Truth Seeker Media Copyright © 2012 | Template created by O Pregador and Modified by Langit Nilai | Powered by Blogger and Herbal Kanker