Selasa, 06 Maret 2012

Ikut FESMA, Kuasai Agama Pintar Matematika



Berangkat dari keprihatinan terhadap dikotomisasi ilmu pengetahuan umum dan ilmu agama dalam sistem pendidikan di Indonesia, Majalah Gontor bekerjasama dengan Klinik Pendidikan MIPA (KPM) akan mengadakan Festival Studi Islam dan Matematika Anak Muslim (FESMA). Acara yang digelar pada perhelatan Islamic Book Fair (IBF) di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta akan berlangsung pada 11 dan 15 Maret 2012 mendatang.
"Selama ini pesantren lemah dalam bidang matematika, sementara sekolah-sekolah negeri kemampuan (penguasaan) ilmu agama minim sekali. Jadi (FESMA) ini solusi terhadap dikotomisasi sistemik dalam pendidikan kita", kata Pimred Majalah Gontor yang juga Panitia Pengarah FESMA 2012, Adnin Armas, dalam Konferensi Pers di Darmin Cafe, Jl. Duren Tiga Raya, Jakarta Selatan, Jumat (2/3/2012).


Gambaran sederhana dari FESMA ini dijelaskan oleh Adnin. Peserta lomba nanti akan diberi soal matematika dan juga agama. Misalnya, ada soal ada orang melakukan thawaf di Ka'bah sembilan kali putaran. Pertanyaannya, berapa kelebihan orang itu dalam melakukan thawaf. Atau sekarang adalah bulan Rabiul Tsani, 25 bulan lagi berarti bulan apa.
"Dengan soal seperti ini, anak harus bisa jawab. Dia harus bisa menghitung secara matematika tetapi juga harus ngerti agama", kata Adnin mencontohkan.
Peserta FESMA adalah siswa/siswi Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah kelas 4,5 dan 6 serta siswa/siswi SMP/Mts kelas 7, 8 dan 9. Menurut Adnin, jumlah peserta yang mendaftar ke panitia sudah lebih dari 1000 anak. Mereka berasal dari sekolah negeri, swasta, pesantren seluruh Indonesia. "Alhamdulillah sudah mendaftar ada yang dari Sulawesi, Jawa Timur dan Sumatera", kata Adnin.


Bagaimana dengan biaya pendaftarannya?. "Biaya seikhlasnya, sesuai kemampuan sekolah", jelas Adnin seraya menjelaskan bahwa pendaftaran festival ini dibuka atas nama sekolah, bukan perseorangan. Pendaftaran dibuka hingga Selasa (6/3/2012) mendatang. Peserta tiap sekolah dibatasi 20 orang saja.
Adnin juga menambahkan bahwa even ini rencananya akan digelar dua kali dalam setahun. Sebelumnya pada akhir tahun 2011 lalu telah sukses diselenggarakan Olimpiade Studi Islam dan Matematika Fachruddin ar-Razi Competition (FRC). "Ke depan tidak hanya Matematika, kita juga akan selenggarakan Festival Studi Islam dan Fisika, Kimia atau Biologi", jelas Adnin.


FESMA juga akan menjadi ajang silaturahmi antara siswa, guru dan orang tua siswa. Sehingga tidak perlu ada yang dikhawatirkan. "Menang kalah urusan belakangan", tambah Adnin.
Bagi anda yang berminat untuk mengikutsertakan siswa-siswinya dapat menghubungi menghubungi Kantor Majalah Gontor Telp. (021) 79196389/7995083, Faksimil 021-79196387. E-mail: fesmaibf@yahoo.co.id.


Eramuslim/The Truth Seeker Media

Artikel Terkait:

The Truth Seeker Media Copyright © 2012 | Template created by O Pregador and Modified by Langit Nilai | Powered by Blogger and Herbal Kanker